Tingkatkan Profesionalisme Guru SD, Dua Dosen STKIP PGRI Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

oleh -1.113 Dibaca

Sejumlah Guru SD Kecamatan Karang jaya Antusias Ikuti Workshop

MURATARA, JS -DALAM rangka meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Musi Rawas Utara terkhusus di Kecamatan Karang Jaya, 2(dua) Dosen PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau menggelar Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah/ Karya Ilmiah.

Ke-2 (dua) Dosen tersebut yakni, Andri Valen, M.Pd selaku Ketua TIM PPM merupakan Dosen pada program studi PGSD ini memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pendidikan di Sekolah Dasar dan mempunyai ide pengabdian kepada masyarakat tentang pendampingan penulisan karya ilmiah sesuai dengan kebutuhan Guru Sekolah Dasar.

Sementara rekannya Aswarliansyah, M.Pd selaku anggota TIM PPM juga merupakan Dosen yang berasal dari program studi PGSD.

Dijelaskan Andri Valen, M.Pd bahwa Profesionalisme merupakan hal wajib dikuasai oleh sesorang pegawai dalam bidang apapun, sebabĀ  Profesionalisme itu merupakan syarat melakukan pekerjaan agar dalam menjalankan tugas atau pekerjaan dapat dipertanggungiawabkan secara Profesional.

“Guru atau pendidik dituntut memenuhi Profesionalisme yaitu harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan Tri Darma. Tri Darma tersebut yaitu pertama Guru harus terampil mengajar, kedua Guru harus mempunyai kemampuan melaksanakan penelitian atau membuat karya ilmiah, dan ketiga Guru harus memiliki kemampuan melaksanakan pengabdian pada masyarakat,”jelasnya kepada awak media Jurnal Silampari.com, Minggu (26/01).

Adapun tujuan dari kegiatan ini, lanjut Andri, adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan Guru mengenai penulisan artikel ilmiah dan memberikan pelatihan pendampingan pada Guru-guru Sekolah Dasar, khusunya yang bekaitan dengan masalah penulisan artikel ilmiah.

“Alhasil, dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat diselesaikannya karya tulis artikel ilmiah Guru SD Negeri Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara,”ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Panitia PPM, Wahyu Sholeh Munandar didampingi Arum yang merupakan Mahasiswa Prodi PGSD serta Caca Andika yang merupakan Mahasiswa Prodi PJKR. Menurut dia, pelaksanaan Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Karya Ilmiah Guru Sekolah Dasar cukup baik dan responsif.

“Dimana kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu (30 November 2019) dan diikuti 16 orang peserta yang hadir berasal dari Guru-guru kelas SD Negeri Bukit Ulu dan Guru di wilayah Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. Kemudian dilakukan kegiatan observasi kelapangan yakni ke SD Negeri Bukit Ulu sebagai tempat berlangsungnya kegiatan workshop dan pendampingan,”pungkasnya.*Reki Alpiko.