Raaw!!! Pengamat : Petahana Musi Rawas Diprediksi Lengser

oleh -335 Dibaca

PALEMBANG, JS -Pencoblosan tinggal menghitung hari. Pada 9 Desember 2020 masyarakat akan mencoblos calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas.

Menariknya, ada pengamat yang memprediksi bahwa petahana akan lengser dari kursi singgasananya.

Salah seorang pengamat politik regional, Bagindo Togar memprediksi calonĀ  petahana Musi Rawas bakal kalah dari penantangnya, termasuk Ogan Ilir.

Prediksi ini berdasarkan pada kajian dan hasilĀ  mencermati upaya-upaya yang dilakukan oleh tim pemenangan masing-masing paslon, petahana Ogan Ilir dan Musi Rawas bakal lengser dari jabatannya lima tahun ke depan.

Menurutnya, bakal lengsernya dua petahana tersebut karena tidak solidnya antar elite partai politik di wilayah itu.

Tatkala menggerakkan mesin politik, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah tergolong biasa-biasa saja.

Peningkatan kualitas dan kuantitas ragam pembangunan yang kurang mengandung nilai-nilai terobosan serta cenderung rendah pemerataan kemanfaatan program pembangunan rendah, juga menjadi faktor penting penyebab kekalahan.

“Beberapa aspek tersebut membuat warga di dua daerah yang disebutkan tadi, cenderung sukar untuk kembali memperpanjang masa petahana pada jabatan periode berikut,” tegas Bagindo.

Selain itu, alumnus FISIP Unsri ini juga berharap terjadi peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak hingga mencapai 70%, walaupun itu sulit untuk digapai.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, upaya kerja keras penyelenggara Pemilu di berbagai daerah semoga mampu memberikan output seperti yang dirancang atau dikerjakan secara optimal. (*)