Proyek Jalan 13 M PUBM Rusak Parah

oleh -306 Dibaca

Diduga Proyek Tersebut Tak Tayang LPSE

MUSI RAWAS, JS – PROYEK JALAN senilai 13 Miliar lebih melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019 milik Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Kabupaten Musi Rawas, yang disinyalir juga tak Tayang LPSE tersebut, belum lama dikerjakan sudah rusak parah alias HANCUR, Sabtu (27)6).

Diketahui, Proyek jalan penghubung Simpang Jatun Desa Mambang, Kecamatan Muara Kelingi ke Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan tersebut, berdasarkan pantauan dilapangan, kini kondisinya cukup memprihatinkan.

“Kalau tidak salah jalan ini dibangun tahun lalu, namun lihatlah sendiri kondisinya, sudah hancur begini,”ungkap a Apri salah seorang warga Simpang Jatun.

Ironisnya lagi, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, menemukan kekurangan volume pekerjaan sebesar Rp.138 juta pada proyek tersebut.

Oleh karenanya, menyikap proyek yang menelan dana sangat besar tersebut, Marwan, dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Persaudaraan Wirra Nusantara (Perwirra) Korwil Sumatera Selatan, akan melaporkan masalah tersebut ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau.

“Dari awal proyek tersebut sudah bermasalah, diduga tidak tayang di LPSE, temuan BPK kekurangan volume pekerjaan, dan kondisi sekarang sudah hancur, semua itu jelas merugikan pemerintah dan masyarakat, wajib dilaporkan ke Aparat Penegak Hukum,” tegas Marwan.

Lanjut dia, sudah tiga kali dirinya ke Kantor Dinas PUBM Kabupaten Musi Rawas untuk bertemu Kepala Dinas guna menanyakan hal itu, tidak pernah kesampaian dengan ketatnya penjagaan.

‘Bapak lagi sibuk pak, tak bisa diganggu,’ kata petugas jaga. Dilain hari dikatakan, ‘Bapak lagi DL,’ kata Pol PP di Pos pintu masuk Dinas tersebut,”pungkasnya.*Reki Alpiko.