Persentase Elektabilitas di PILKADA Mura Berjumlah 100,1%, Ini Jawaban RRP

oleh -158 Dibaca

BENGKULU, JS – MENANGGAPI pertanyaan dan penggiringan opini yang berkembang baik di media sosial maupun di tengah
kelompok masyarakat yang merasa aneh dengan jumlah akumulasi persentase yang melebihi 100% , Rafflesia Riset Parameter (RRP) angkat bicara.

Survei RRP di Pilkada Musi Rawas pada tanggal 04 sd 09 Oktober 2020 disoal oleh segelintir orang yang tidak puas.

Manager komunikasi RRP, Aldila dalam keterangan resminya,menyatakan bahwa
Pertanyaan muncul pada hasil elektabilitas kandidat di Musi Rawas, berkaitan dengan
elektabilitas kedua pasangan tersebut. Berdasarkan hasil survey, diperoleh elektabilitas kedua calon berada pada angka 59,3% (Hj. Ratna Mahmud-Hj.Suwarti), 34,5% (H. Hendra Gunawan-H.Mulyana), dan 6,3% (Belum menentukan pilihan).

“Pertanyaan muncul pada saat dijumlahkan ternyata hasil persentase kedua calon (59,3+ 34,5%) ditambah dengan yang belum memilih (6,3%) berjumlah 100,1%,”jelasnya.

Ditegas kanya, penjelasan atas penjumlahan tersebut adalah sistem otomatis di aplikasi (contohnya Microsoft Excel) yang digunakan oleh RRP dengan kebijakan penggunaan 1 digit dibelakang koma. Atas dasar tersebut maka terjadi pembulatan angka di belakang koma ≥ 5 dibulatkan ke atas, sementara angka di belakang koma < 5 dibulatkan ke bawah. Hal ini untuk menghindari banyaknya angka di belakang koma.

“Hal yang sama sebenarnya terjadi dalam berbagai perhitungan survey yang menggunakan
kebijakan penggunaan 1 digit di belakang koma. Contoh yang paling mudah adalah
penjelasan dari lembaga survey SMRC (Saiful Mujani Research and Consulting) yang pernah merelease survey Pilkada DKI pada tanggal 20 Oktober 2016 di mana jumlah persentase hasil elektabilitasnya juga 100,1% ,”jelasnya.

Atau bisa buka link dibawah ini

https://www.kompasiana.com/ins.saputra/5809d889b67e61bc1a358b37/kenapa-hasil- survei-smrc-bisa-lebih-dari-100

Aldila juga mempertegas bahwa RRP adalah lembaga independen yang telah berpengalaman dalam berbagai survey. Jasa survey yang RRP lakukan tidak memiliki keterikatan dengan pengguna jasa sehingga tidak bisa mempengaruhi hasil survey di lapangan. (*)