Latsar Bentuk CPNS Jadi Aparatur Profesional

oleh -853 Dibaca

Lubuklinggau, JS – Sebanyak 114 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti Latihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XVII, XVIII di UPT BKPSDM Kota Lubuklinggau. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Walikota, H. Sulaiman Kohar dan dihadiri Kasubdid Program dan Evaluasi Pusdiklat Mahkamah Agung RI, Forkominda Kota Lubuklinggau, perwakilan BKPSDM Pagaralam, BKPSDM Musi Rawas serta para pejabat dilingkungan Pemkot Lubuklinggau.

Plt Kepala BKPSDM Kota Lubullinggau, Kahlan Bahar didampingi Kepala UPT BKPSDM, Deni Nofriansyah mengungkapkan, sebanyak 68 orang peserta berasal dari Mahkamah Agung yang tersebar di Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Pengadilan Tata Usaha Negara dalam wilayah Provinsi Sumsel, Bengkulu, Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau.

Kemudian 42 peserta berasal dari Pemkot Pagaralam dan 4 orang dari Pemkab Musi Rawas. “Latsar CPNS dimulai dari 15 Juli, sampai 11 September 2019, dengan pola residensial sehingga seluruh peserta diasramakan di gedung UPT BKPSDM Kota Lubuklinggau.

Sementara itu, untuk tenaga pengajar berasal dari Widyaiswara BKPSDM Provinsi Sumsel, Widyaiswara BKPSDM Kota Lubuklinggau, pakar dan praktisi serta pejabat pemerintah yang berkompeten. “Tujuan Latsar supaya CPNS dapat bersikap profesional yang tercermin oleh sikap dan prilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta menguasai kompetensi teknis dibidang tugasnya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota, H. Sulaiman Kohar berharap seluruh peserta dapat mengikuti belbagai tahapan kegiatan Latsar dengan baik dan serius. Jangan sampai hanya sekadar mengikuti sebagai prasyarat menjadi PNS. “Serap ilmu yang disampaikan setiap pemateri dengan baik, lalu aplikasikan dalam kerja nyata dilapangan nanti,” harapnya.*Reki Alpiko