Kemajuan Desa Tergantung Kades

oleh

#Hj Gusti Rohmani Lantik Pjs Kades Sungai Jernih

Muratara, JS – Camat Rupit, Hj. Gusti Rohmani menegaskan kemajuanĀ suatu desa itu tergantung dengan kades nya. Sebab kades mempunyai peranan penting dalam menentukan kewewenangan desa, namun harus selalu melakukan kordinasi kepada pihak pemerintah Kabupaten Muratara.

Hal tersebut diungkapkan saat usai melantik David Haryadi sebagai Pejabatan Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Sunga Jernih. Pelantikan yang berlangsung di gedung serbaguna desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Jum’at, (6/4).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Asisten I Muratara Tarmizi, anggota DPRD H. M Nasir, Seketaris Camat (Sekcam) Eko Hama, Dandim Rupit Sugiharto, tim penggerak PKK, kades se kecamatan Rupit dan tetangga, Ketua BPD Sungai Jernih, tokoh agama, masyarakat dan pemuda setempat.

Camat Rupit dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada yang baru dilantik dan semoga bisa menjaga amanat sebaik-baiknya, dan ucapan terima kasih kepada kades yang sudah habis masa jabatan.

“Saya ucapkan selamat kepada David Haryadi atas pelantikan ini, dan saya meminta agar bisa menjaga amanat yang sudah diberikan sebaik-baiknya. Dan untuk kades yang sudah habis masa jabatannya saya mewakili bupati Muratara mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini, semoga segala sesuatu yang sudah diberikan kepada Muratara ini mendapat balasan dari allah swt,” kata Camat.

Ia melanjutkan, pengaruh atau peran kepala desa sangat berpengaruh bagi perkembangan suatu desa, dan kepala desa mempunyai hak atas apa yang akan di tentukan di desa tersebut.

Camat meminta agar kepala desa membuat perencanaan yang baik untuk kedepannya, dan diberi waktu selama enam bulan untuk membenahi desa.

“Buatlah perencanaa yang baik dan terukur untuk menyelesaikan permasalahan di desa, serta layani masyarakat dengan penuh keiklasan dan mampun mengayomi masyarakat. Dan apabila anda dapat membenahi sagala permasalahan di desa dalam waktu enam bulan yang diberikan, maka itu akan menjadi pertimbangan bapak bupati untuk kedepannya,” pinta camat.

Sementara, Plt kades Sungai Jernih David Haryadi mengatakan jika dirinya akan melakukan sesuai dengan interuksi yang diberi oleh bapak bupati melalui camat Rupit.

“Ya langkah awal yang akan saya lakukan sesuai dengan yang disampaikan ibu camat untuk mengutamakan layanan yang maksimal bagi masyarakat desa Sungai Jernih. Namun terlebih dahulu kita harus membangun perangkat desa yang tidak cacat dengan narkoba,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan tidak mempermasalahkan mengenai masa waktu untuk memperbaiki desa yang telah diberikan kepadanya, dan akan menggunakan waktu tersebut semaksimal mungkin.

“Saya tidak mempermasalahkan waktu enam bulan yang diberikan kepada saya untuk membangun desa ini, karena walaupun waktu hanya sebentar tapi memang digunakan untuk mengabdi dan bekerja dengan benar akan membuahkan hasil, dari pada waktu enam tahun tapi disia-siakan,” pungkasnya.*A. Kris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *