Harga Karet Terbilang Cukup, Cuaca Kurang Bersahabat

oleh

Lahat,JS – Saat harga karet yang terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan keperluan lainya, Petani karet di kawasan jalan lingkar Kabupaten Lahat malah di pusingkan dengan cuaca yang kurang bersahabat dengan seringnya hujan saat hendak mengambil getah di pohon dan tempat wadah getah yang menempel di pohon.

“Harga sehat cuaca tak bersahabat inilah gambaran kami sekarang,” kata Edi salah seorang petani karet, Senin (5/3).

Dijelaskan edi bahwa jika hujan kendala saat mengumpulkan gentah akhirnya bersatu dengan air hujan dan hal ini akan menyebabkan Kadar Kering ( KK ) istilah yang di gunakan petani akan sangat mempengaruhi harga jual juga.

“Kalau langsung ke pabrik di kawasan Palembang Sumatra Selatan Mardek Musi Lestari pabrik pengelolah karet, kadar kering sampai 75% dari harga karet,” terangnya, saat di tanya harga pabrik, edi enggan menyebutkan.

Sementara Rudi membenarkan  bahwa kalau soal harga dirinya sudah setuju dan bersyukur untuk saat ini. Namun dirinya juga mengatakan jika cuaca tidak bersahabat makan akan mempengaruhi kadar kering getah yang nantinya di kalikan dari harga karet sebenarnya dan itu jelas memberikan dampak pengaruh.

“Kan karet jelas kalau kadar keringnya bepengaruh oleh cuaca jika hujan jarang mengunyur otomatis Kadar Kering karetpun akan ada perubahan saat di kalikan dengan harga karet,” ucapnya

Selain itu juga dirinya mengatakan jika terus hujan ia takut bepengaruh juga dengan kesehatan pohon karet yang mau di ambik karetnya.

“Misalnya pohon cepat membusuk dan mendampakkan gugur daun dan Karetpun bercampur dengan air yang masuk ke tempat penampungan di poho karet itu sendiri,” Tutup Rudi.*Np

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *