Golkar-Nasdem Belum Penuhi Syarat Vertual

oleh

Lubuklinggau, JS – Hari pertama Verifikasi Faktual (vertual) parpol lama, Selasa (30/1), KPU Lubuklinggau menyasar empat kantor parpol yakni PDIP, Nasdem, Golkar dan Demokrat. Rombongan dipimpin Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri didampingi komisioner lainnya.

Hasil vertual tersebut, hanya dua parpol yang telah memenuhi syarat yakni PDIP dan Demokrat Lubuklinggau. Dua parpol lainnya yakni Golkar dan Nasdem Lubuklinggau, dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Divisi Hukum KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim kepada Julnal Silampari menjelaskan, pihaknya terpaksa menunda pemenuhan syarat DPD Golkar Lubuklinggau lantaran sang ketua H Rodi Wijaya tidak berada di tempat.

“Dalam vertual, parpol wajib menghadirkan seluruh pengurus inti termasuk ketua partai. Namun Ketua Golkar Lubuklinggau H Rodi Wijaya, tidak hadir. Selain itu, keterwakilan perempuan belum memenuhi jumlah minimal 30 persen dalam kepengurusan. Makanya vertual Golkar dinyatakan BMS,” tegas dia.

Untuk keanggotaan Golkar lanjut dia, kehadirannya sudah memenuhi syarat dan ketentuan dalam PKPU 6/2018. Yakni minimal sebanyak lima persen dari jumlah anggota.

“Personalnya ditentukan sendiri oleh parpol. Berbeda dengan vertual parpol baru, personal yang hadir ditentukan melalui random dalam sipol,” ujar dia.

Begitu juga DPD Nasdem Lubuklinggau, dinyatakan BMS karena tidak memenuhi  jumlah minimal 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan parpol.

“Nasdem juga BMS. Masih kurang satu pengurus perempuan karena tidak hadir saat vertual. Padahal cukup video call, namun tidak dilakukan,” ucap Lukman.

Lukman menambahkan, bagi parpol yang BMS masih ditunggu hingga dua hari kedepan hingga Kamis (1/2) untuk mengkonfirmasi KPU Lubuklinggau. Apabila tidak dilakukan, parpol akan dinyatakan telah memenuhi syarat dan akan diumumkan Jumat (2/2).

“Bagi parpol yang belum memenuhi syarat, masih ada kesempatan untuk melakukan perbaikan pada 3-5 Februari,” terang dia.

Ketua DPD Lubuklinggau, H Rodi Wijaya ketika dikonfirmasi Melalui jaringan telpon menjelaskan, ia bersama empat pengurus perempuan DPD Golkar Lubuklinggau yang tidak hadir akan segera mengkonfirmasi KPU Lubuklinggau, Rabu (2/2).

“Menurut Ketua KPU, pengurus yang berhalangan hadir bisa melalui video call untuk diverifikasi. untuk jumlah anggota yang hadir tadi siang (kemarin siang, red), melebihi jumlah minimal,”  pungkas dia. *Ak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *