Gali Informasi, FJ2M Kunjungi Pelosok Minak

oleh

Muratara, JS – Sejumlah awak media yang tergabung dalam Forum Jurnalis Jelajah Muratara (FJ2M) kunjungi pelosok Sungai Minak demi menggali informasi masyarakat yang berada di punggiran sungai Minak Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Untuk memasuki dusun minak tersebut harus menempuh perjalanan air menggunakan motor ketek (Biduk) dan memakan waktu kurang lebih 3 jam, medan yang dilalui bisa dikatakan tidak mudah, karena selain arus sungai tim juga harus menarik katek dibeberapa titik karena terjalnya napal pada sungai

Dalam penjelajahan wilayah dusun Minak tersebut, tim singgah kebeberapa rompok yang masuk dalam wilayah Kecamatan Karang Jaya dan Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, sehingga harus mengginap dan mendirikan tenda supaya bisa bertemu dan berkumpul dengan masyarakat yang pulang bekerja ‎menyadap karet.

Keberangkatan yang diikuti oleh enam awak media termaksud penulis JurnalisSilampari tersebut diketuai oleh Al Imron selaku ketua FJ2M.

‎Al Imron mengatakan, dalam jelajah sungai Minak sangat senang, sebab masih banyak pemandangan yang masih alami. “Menjelajah sungai minak ini penuh tantangan dan kita juga dapat menggali informasi bersama yang kita jumpai masyarakat,”ujarnya‎.

ia berharap ‎dengan adanya jelajah sungai minak pemerintah dapat menjawab segala keluhan dari masyarakat. Sehingga visi misi bupati dan wakil bupati menciptakan Muratara bangkit bisa terwujud.

‎“Melalui momen ini kita dapat dapat menggali informasi dari masyarakat langsung. Dan membantu pemerintah mendorong menciptakan Muratara Bangkit,”harapnya

Senada, Agus wartawan yang tergabung dalam rombongan jelajah sungai minak menuturkan sungai minak itu sangat luas, kalau ditempuh melalui perjalanan bisa memakan waktu 2 sampai 3 hari.

“Susah sekali wilayah minak itu, masyarakatnya juga bermacam-macam daerah. Ada yang dari jawa, daerah Musi, dari curup, yang paling banyak masyarakat muratara,”‎ungkapnya

Sementara Sekda Pemkab Muratara H Abdullah Matcik mengatakan sangat setuju atas partisipasi dari sejumlah awak media membantu mengali informasi dan keluhan masyarakat sehingga pemkab bisa ‎mengetahui kebutuhan masyarakatnya.

“Silahkan berangkat dan hati-hati tetap jaga kekompakan supaya bisa menjalankan tugas sesuai harapan,”ucap sekda saat dijumpai di ruang Humas Pemkab Muratara.

Abdullah, berharap dalam pembuatan pemberitaan harus akurat dan seimbang. “Propesional dan berjalan pada relnya. Adik-adik medialah yang bisa membantu kami mendorong menciptakan Muratara Bangkit,” pungkasnya.*AK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *