Bupati Evaluasi Penggunaan Dana Desa 2017 di 3 Desa

oleh -1.396 Dibaca

Musi Rawas, JS – Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, Selasa (23/01/2018) kembali mengevaluasi dan melaksanakan pengecekan penggunaan dana desa tahun 2017. Kali ini Bupati mengunjungi Desa Mataram, Desa Sitiharjo dan Desa Wukirsari Kecamatan Tugumulyo.

Pada kesempatan pertama Bupati mengunjungi Kantor Desa Mataram, setelah memberikan pencerahan terkait dengan managemen pemerintahan dan pengelolaan dana desa, diiringi dengan rintik hujan, Bupati langsung meninjau pembangunan infrastruktur desa yang dibiayai oleh dana desa diantaranya pembangunan saluran drainase, jalan setapak dan beton penahan tebing.

Setelah meninjau infrastruktur desa Mataram, Bupati kemudian menuju Kantot Desa Sitiharjo dan Wukirsari dan bertatap muka dengan jajaran pemerintah desa dan organisasi kemasyarakatan, dan kemudian Bupati langsung meninjau pembangunan infrastruktur desa dengan menggunakan dana desa.

Pada saat bertatap muka dengan perangkat desa, Bupati menjelaskan Dana desa yang diprogramkan sangat penting dan bermanfaat untuk meningkatkan pembangunan di desa.

“Sebelum ada dana desa, untuk mengajukan pembangunan di desa sangat sulit, namun dengan program Presiden Jokowi ini maka pemerintah desa bersama masyarakat dapat langsung melakaukan perencanaan dan pembangunan yang bisa langsung diawasi oleh seluruh masyarakat,”katanya.

Untuk itu, Bupati mengharapkan agar pemerintah desa dan masyarakat dapat memanfaatkan program ini dengan baik dan dapat menentukan skala prioritas.

Dijelaskan Bupati, saat ini pihaknya telah meprogramkan Akrab Bina Desa yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Monitoring Infrastruktur setiap hari Jum’at. Dan program ini akan terus dilaksanakan selama tahun 2018 ini.

“Program ini bertujuan untuk mengakrabkan pemerintah daerah dengan pemerintah desa dan masyarakat. Selain itu juga untuk memantau pembangunan baik yang dibiayai oleh anggaran daerah maupun desa,”katanya.

Lanjut Bupati mengatakan Pembanguan akan baik jika dimulai dengan perencanaan yang baik, untuk itu Bupati mengharapkan agar desa segera melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdesa) sehingga dapat menentukan program atau kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2018 ini dan selanjutnya.

“Saya berharapkan pemerintah desa mensingkronisasi program pemerintah daerah dengaan desa, sehingga cita-cita dan program yang telaj ditentukan dapat tercapai dengan baik dan sempurna,”tutupnya.

Kunjungan Bupati ini dihadiri oleh seluruh perangkat desa dan kepala dusun dan anggota BPD 3 Desa, Kepala BPMPD, Camat Tugumulyo, Diskominfo, Bagian Humas dan Protokol.*Rls/Olil