25 Tahun Menanti

oleh -894 Dibaca

Bendubgan Desa Sukaraya Diresmikan

MUSI RAWAS, JS -SEJAK tahun 1995 masyarakat Desa Sukaraya Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan mendambakan pembangunan bendungan guna meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat.

Alhasil, penantian panjang selama 25 tahun tersebut kini berbuah manis, pasalnya pada Jum’at (31/01), Bupati Mudi Rawas H Hendra Gunawan telah meresmikan bendungan yang panjang saluran primernya1.664 meter atau sekitar 1,66 km. Sedangkan panjang saluran sekunder 444 meter dan panjang saluran pasangan sepanjang 2.108 meter atau sekitar 2,1 km.

Diketahui bendungan Sukaraya yang telah diresmikan tersebut, secara hidrologi debit banjirnya mencapai 75,540 meter kubik per detik, sedangkan debit normal mencapai 2,30 meter kubik per detik dan kebutuhan air pengambilan 1,2 liter per detik per hektarnya.

Bupati Kabupaten Musi Rawas, H Hendra Gunawan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa selesainya pembangunan bendungan Sukaraya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama Kepada Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PUCK-TRP) yang bertanggungjawab atas pembangunan tersebut.

“Bendungan ini selesai adalah  bentuk kesabaran dan rasa syukur masyarakat, maka tahun ini semua itu dapat terwujud,”tutur H2G disambut tepukan yang gemuruh.

Bendungan tersebut lanjut H2G, awalnya dibangun pada tahun 1995, dan belum pernah tersentuh kembali sampai tahun 2019.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita bisa melaksanakan apa yang menjadi kehendak masyarakat,”ujinya.

Orang nomor satu di bumi Lan Serasan Sekentenan ini juga meminta kepada masyarakat, agar selalu mendukung apa yang menjadi program Pemerintah, karena hal tersebut semata-mata hanya untuk kemajuan masyarakat itu sendiri.

Pada dasarnya, pemerintah itu selalu memikirkan apa yang menjadi kehendak masyarakat, namun semua akan terwujud jika bersatu dan masyarakat mendukung penuh Pemerintah.

“Tanpa dukungan semua pihak, pembangunan tidak bakal terjadi,” tegasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Dinas PUCK-TRP Kabupaten Musi Rawas, H Ristanto Wahyudi dalam suatu kesempatan menerangkan, tujuan utama dibangunnya bendungan dan jaringan irigasi di Sungai Dulu Desa Sukaraya Baru Kecamatan Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat Musi Rawas.

“Sebelumnya dilokasi ada bendungan lama semi teknis yang sudah rusak berat. Saat ini kita bangun bendungan dan tiga ribu meter lebih saluran irigasi baru,”beber H Ristanto Wahyudi.

Bendungan teknis yang pertamakali dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) APBD Kabupaten Musirawas tahun anggaran 2019 ini direncanakan berpotensi mengairi sekitar 200 hektar lahan pertanian sawah.

Sementara Bendungan yang baru saja diresmikan tersebut berfungsi mengairi sekitar 50 hektar sawah masyarakat di wilayah setempat. Jika pembangunannya selesai akan dilakukan cetak sawah baru sesuai kapasitas bendungan melalui dana desa.

“Dengan diresmikannya bendungan ini, kita berharap perekonomian masyarakat meningkat, tanggungjawab kita sudah ditunjukkan untuk mewujudkan harapan masyarakat dari tahun 1995,”harap H Ristabto Wahyudi.

Hal senad juga disampaikan Camat STL Ulu Terawas, Saparudin. Dijelaskannya,bahwa jika bendungan yang dibangun pada 1995 ini belum pernah diperbaiki secara resmi, hampir setiap tahun jebol dan diperbaiki oleh masyarakat sendiri.

“Kami sempat putus asa karena setiap pengajuan yang kami lakukan ditolak, namun di tahun ini, alhamdulillah apa yang diharapkan bisa terlaksana,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Wakil Ketua II DPRD Mura, Dandim 0406, Mayor Ayup sebagai penghubung, Kapolres Musi Rawas yang diwakili Kabag Ops Suparlan, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, kepala Dinas PUCK-TRP, Camat beserta jajaran, Kades, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat, sesepuh, dan warga setempat.*Reki Alpiko