Rumah Warga di Taba Lestari “Terbis” Diterjang Hujan

oleh -328 Dibaca

Apri : Kami butuh Talud dan Perbaikan Rumah

LUBUKLINGGAU,JS – AKIBAT diguyur hujan deras pada Selasa Malam (24/6),rumah Apriansyah (33) warga Jalan Raflesia RT.05 Kelurahan Taba Lestari Kecamatan Lubuklinggau Timur I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan runtuh sebagian bersamaan Terbisnya (longsor) tanah.

Berdasarkan data yang dihimpun awak media online Jurnal Silampari.com, diketahui bahwa bangunan rumah berada diatas jurang, sehingga kontur tanah labil saat diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Beberapa bulan yang lalu, kejadian ini pernah terjadi dan merobohkan sebagian dapur rumah. Namun, karena terkendala biaya untuk memperbaikinya, akhirnya ketika hujan deras semalaman pondasibagian belakang sudah roboh lagi,”tuturnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada Pemerintah Kota Lubuklinggau dalam hal ini Pihak terkait baik Dinsos, PERKIM maupun PU PR agar segera membangun Talud dan membantu memperbaiki bagian rumah yang mengalami kerusakan.

“Setelah pihak BPBD Kota Lubuklinggau meninjau lokasi, harapannya ada tindak lanjut baik dari Dinsos, PERKIM maupun PU PR. Kami butuh Talud dan perbaikan rumah,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kota Lubuklinggau,H Luthfi saat dikonfirmasi terkait rumah yang terkena longsor, menerangkan bahwa pihaknya dalam hal ini TIM Damkar dan BPBD telah turun ke lokasi dan melihat langsung kondisi rumah dan tanah sekitar dan berkonsolidasi dengan Dinas Perkim, Dinsos maupun PU PR.

“KIta ke lokasi sore ini, untuk mengetahui asal kejadian bencana.dan membantu warga dalam pertolongan pertama, seperti apakah ada warga yang tertimbun akaibat bencana tersebut. Kemudian membuat laporan secara tertulis kronologis kejadian ke Walikota Lubuklinggau untuk ditindaklanjuti penanganan selanjutnya. Sementara mengenai fisik rumah rusak atau hancur itu Dinas Perkim yang akan menanganinya.*Reki Alpiko.