Pencairan DD ‘Mandeg’, Malah Dana Covid yang Segera Cair

oleh -188 Dibaca

* Nilainya Rp 140 Juta

MUSI RAWAS-, JS – PENCAIRAN Dana Desa (DD) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) terlambat lagi. Bahkan hingga Jumat (23/10) belum ada kejelasan kapan DD untuk pembangunan desa tersebut direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

Namun, kekhawatiran para Kades akan DD yang tak kunjung cair terobati dengan bakal adanya pencairan dana untuk masyarakat miskin yang terdampak Covid-19.

Informasi didapat dari salah seorang Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Tugumulyo yang enggan namanya dipublish membenarkan kalau dana desa belum tahu kapan akan dicairkan.

Hanya saja khusus dana pemberdayaan bantuan untuk masyarakat terdampak Covid 19 yang sifatnya padat karya dan swakelola senilai Rp 140 juta, dananya sudah ada di bank. Kemungkinan dalam beberapa minggu kedepan segera cair.

“Kalau DD belum ada kabar kapan akan cair, yang bakal cair dalam waktu dekat dana covid 19,”tambahnya.

Dana Rp 140 juta ini bukan kewenangan Kades untuk mengelolanya. Kades hanya mengawasinya saja. Dana tersebut dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang sudah terbentuk di setiap desa

“Dana 140 juta itu dikelola oleh KSM, kegunaannya untuk pemberdayaan masyarakat seperti irigasi dan lain sebagainya. Nanti warga sendiri yang mengelolanya,”imbuhnya. (*)