Pembangunan Perkuatan Bantaran Sungai Kelingi Libatkan Warga

oleh -116 Dibaca

LUBUKLINGGAU, JS – Pembangunan perkuatan bantaran sungai Kelingi yang berada di Kelurahan Tapak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau II, Kota Lubuklinggau, yang dikerjakan oleh Dinas Pekerja Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Lubuklinggau, dan dipercayakan oleh pihak rekanan yakni CV. Putri Gading Cempaka melibatkan warga setempat.

Keterlibatan warga setempat dalam pembangunan Talud dan Beronjong tersebut karena pihak rekanan membeli batu dari warga, yang memang keseharian menjual batu kali sebagai mata pencarian.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas DPUPR, Achmad Asril Asri, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) M. Kendy Lenggana saat mengecek pembangunan dengan nomor kontrak 01/SP/DPUPR-SDA/2020 menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dengan nilai kontrak Rp. 795.659.000.

“Jelas kita melibatkan warga, kita beli batu mereka. Dan terserah meraka mau mecari batu dari mana jika stok mereka habis,” katanya. Selasa (14/7).

Dirinya juga menjelaskan, jika pekerjaan yang memiliki 240 hari masa kerja ini telah mencapai progres fisik 68 persen.

“Semoga pekerjaan ini tepat waktu dalam penyelesaiannya,” jelasnya.

Sementara Ningsih, salah satu warga yang kesehariannya sebagai tukang pecah batu mengungkapkan terimakasih kepada pihak pemerintah, karena talut dan beronjong sangat penting agar tanah tidak tergerus saat banjir.

“Kalo hujan apalagi banjir tanah ni abis tergerus air, sering longsor. Alhamdulilah pemerintah buat talutd sama beronjong yang saya yakin sangat berguna sebagai penahan,” tutupnya.