Panther Mania Menggali Kreativitas Anak Bangsa

oleh

Musi Rawas, JS – Ada yang berbeda, dari kegiatan rutin Kopi Darat (Kopdar) bulanan komunitas Panther Mania Kordinator Wilayah (Korwil) Silampari bulan ini.

Kopdar bulanan atau Kopdar ‘Nenda’ ala Panther Mania Korwil Silampari kali ini disertai dengan mengadakan Bakti Sosial (baksos) dan lomba mewarnai dengan pasir untuk anak-anak. Kopdar kali ini pun diberi tema Panther Mania Menggali Kreativitas Anak Bangsa.

“Ini baru pertama kali kita lakukan, kegiatan ‘nenda’ disertai Baksos dan lomba mewarnai untuk anak-anak. Untuk lokasi, kita pilih di Desa Tugu Sempurna Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. Kegiatan dilaksanakan dua hari di lapangan Desa Tugu Sempurna, Sabtu-Minggu (28-29/4),” ungkap Ketua Panther Mania Korwil Silampari, Marcos didampingi Wakil Ketua, Agusni RM Simpang Raya, Ketua Panitia Pelaksana Baksos, Abuseno dan wakilnya, Suprapto, Minggu (29/4).

Sabtu (28/4) pagi, 20 member mereka beserta keluarga, berangkat menuju lokasi. Malamnya diisi dengan kegiatan malam keakraban antar member. Minggu (29/4) dilanjutkan dengan lomba mewarnai dengan pasir untuk anak-anak, serta Baksos.

“Pada malam keakraban diisi dengan diskusi dan sharing, antar member. Sementara untuk lomba mewarnai diikuti oleh lebih kurang 70 anak-anak di sana yang antusias dengan perlombaan ini. Dilanjutkan dengan pembagian Baksos berupa buku tulis, buku gambar serta alat-alat tulis lainnya,” jelasnya.

Disinggung, kenapa Kopdar kali ini dibuat berbeda dari Kopdar sebelumnya, Marcos menjelaskan, kalau ini bentuk kepedulian komunitas mereka terhadap sesama.

“Saat survei ke lokasi sebelum ‘nenda’, kita lihat banyak anak-anak di Desa Tugu Sempurna Kecamatan Muara Kelingi. Kenapa gak kita coba lakukan sesuatu untuk mereka. Dengan Baksos dan lomba, kita bisa membantu mereka sekaligus menggali kreativitas anak-anak di sana. Untuk lomba tidak kita pungut biaya, karena semua biaya pelaksanaan Baksos dari swadaya member serta sponsor,” ungkapnya.

Kedepan dilanjutkannya, kegiatan seperti ini akan terus mereka kembangkan di setiap Kopdar rutin mereka.

“Apalagi kedepan ada momen bulan Ramadan. Rencananya akan kita adakan lagi, dengan melibatkan anak yatim. Dengan begitu kita bisa membantu mereka, sekaligus menggali kreativitas mereka,” lanjutnya. *Bs/Akew

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *