Disdik Respon Positif Gebrakan Pemkab Muratara Sekolahkan SAD Gratis

oleh

Muratara, JS – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sangat merespon positif dan mendukung apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Muratara melalui Dinas Sosial (Dinsos) dalam melakukan gebrakan mensekolahkan Suku Anak Dalam (SAD) secara gratis. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Abdul Kadir saat dibincangi awak media.

“Kami sangat respon serta mendukung dengan gebrakan dari pemkab Muratara melalui Dinsos untuk membantu atau memberikan pendidikan gratis kepada suku anak dalam. Karena ini memang penting, pendidikan harus tersentuh setiap kalangan termasuk suku dalam,” kata Abdul Kadir.

Ia melanjutkan, semoga apa yang sudah direncanakan pemkab Muratara untuk memberikan pendidikan secara gratis kepada SAD sudah diperhitungkan dengan matang, sehingga nanti tidak terkendala kedepannya.

“Program ini sangat bagus, tapi saya berharap ini sudah diperhitungkan dengan benar-benar, karena pendidikan itu sifatnya bukan sementara tapi berkesinambungan dan tidak menyalahi aturan,” ujarnya.

Pemberitaan sebelumnya, pendidikan secara gratis,belum sekolah maupun putus sekolah ada sekitar 440 Suku Anak Dalam (SAD) dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Itu diberikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara melalui Dinas Sosial (Dinsos) Muratara.

“Setelah kami melakukan pendataan SAD yang berada diseluruh kabupaten Muratara, kami mendapatkan hasil sebanyak 440 SAD yang putus sekolah maupun tidak sekolah,” ujar Kadinsos¬† Muratara Zainal Arifin Daud.

Kadinsos melanjutkan, seluruh SAD yang sudah didata akan mendapat sekolah gratis karena itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten, dan sudah mempunyai rencana untuk membangun mes serba guna yang akan menampung SAD tersebut.

“Insya allah di tahun 2018 ini kita akan membangun mes serba guna yang berada di desa Lawang Agung yang diperuntukan untuk SAD tinggal. Kita akan penuhi kebutuhan SAD yang nantinya ikut sekolah di antaranya kita berikan makan dan minum, perlengkapan alat sekolah, pakaian harian bahkan peralatan untuk ibadah akan kita berikan, kemudian Pendidikan, kesehatan, dan kegiatan ekstrakulikiler semua di jamin pemkab Muratara,” jelasnya.

Rencana ini, lanjut Kadinsos, bertujuan untuk mencerdaskan SAD agar nantinya dapat merubah perilaku dan meningkatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik.*Agus Kristianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *