Pendukung Sakit, Verfak Lewat VC

oleh -956 Dibaca

VERIFIKASI Faktual (verfak) berkas dukungan Bakal Pasangan Calon
(Bapaslon) Bupati dan Wabup Mura jalur perseorangan di Pilkada 2020, bisa ditempuh dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti aplikasi WhatsApp Video Call (VC).Namun, cara Verfak tersebut, hanya berlaku bagi pendukung yang sedang sakit atau sedang berada di luar kota.

“Saat sensus ke rumah-rumah pendukung, kemungkinan juga ditemukan kondisi seperti itu. Ada pendukung yang berhalangan ditemui secara langsung karena sakit atau berada di luar kota. Makanya nanti PPS didampingi PKD, bisa melakukan VC ke pendukung,”kata Komisioner KPU Mura, Apandi usai membuka
kegiatan BIMTEK Verfak dukungan Paslon Perseorangan di Pilkada Mura 2020 kepada 70 PPK di Gedung BLK Mura, Senin (23/6).

Lebih lanjut, Apandi menyampaikan, masa Verfak dukungan Perseorangan ini dilakukan 24 Juni-12 Juli mendatang. Dimana, kegiatan diawali dengan penyerahan berkas dukungan kepada PPS pada 24-29 Juni.
Kemudian selama 12 hari mulai 30 Juni, PPS melakukan sensus dengan mendatangi rumah-rumah pendukung guna memastikan berkas dukungan berupa KTP atau suket.

“Kalau benar dan diakui pendukung, maka dukungan dinyatakan memenuhi syarat (MS). Sebaliknya kalau tidak, dukungan dinyatakan TMS yang dibuktikan dengan pengisian formulir B5.Jika tidak ditemukan, PPS dan TKD tetap mengumpulkan berkas pendukung tadi di sekratriat desa untuk dilakukan verfak,”paparnya.

Kemudian, dalam persiapan Verfak ini ,lanjut Apandi, pihaknya sudah meminta nama penghubung/LO tingkat Kecamatan dan Desa. Namun , hingga hari ini, pihaknya baru menerima nama-nama LO tingkat Kecamatan.

“Hal ini juga menjadi perhatian kami, mengingat jaringan internet belum merata dan bakal terjadi keterbatasan komunikasi,”tambah Apandi.

Lebih lanjut Apandi, menegaskan, bahwa Verfak dilakukan terhadap seluruh data yang diserahkan LO Paslon Perseorangan Akmal-Triono yakni sebanyak 24.006 berkas dukungan. Termasuk 612 data yang diduga ganda berdasarkan hasil koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Musi Rawas.

“Nantinya hasil Verfak akan direkap dan pleno berjenjang. Setelah akumulasi hingga ke tingkat KPU, barulah diketahui kepastian kekurangan dukungan,” tegas Apandi.

Lebih dari 300 pendukung terdapat di 23 Desa dari 7 (tujuh) Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Megangsakti, Tugumulyo, Tuahnegeri. Purwodadi, Sukakarya dan Sumberharta. Bahkan ada 1 (satu) Desa di Kecamatan Sumberharta, terdapat 800 berkas dukungan yang diserahkan LO perseorangan.

“Untuk efektifitas dan efisiensi waktu yang tersedia selama 14 hari, bakal diatur skema sensus untuk melaksanakan vertual. Kemungkinan Verfak untuk 300 pendukung ini, dibagikan tiga sesuai jumlah PPS. Jad,i tiap PPS, masing-masing melakukan Verfak 100 pendukung. Namun, hal ini perlu dikomunikasikan lagi dengan bawaslu karena PKD (pengawas kelurahan-desa) cuma ada satu,”tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.